Rabu, 23 Januari 2013

Contoh Ceramah

Berhubung hari ini bertepatan dengan hari dimana Nabi Muhammad SAW. dilahirkan, saya akan berbagi tausiyah. Untuk teman-teman yang mungkin sedang membutuhkan contoh ceramah bertema "Maulid Nabi", mungkin ini bisa juga dijadikan referensi.


Hadirin rohimakumullah
Dalam suara bulan rabi’ul awal ini, dimana Nabi kita Nabi Muhammad saw dilahirkan, maka ada baiknya dalam kesempatan ceramah kali ini kita merenungkan sejenak makna kehadiran Rasulullah saw. Telah kita ketahui bersama, semua Rasul adl manusia pilihan penerima wahyu yg berjuang menyelamatkan dan membebaskan umatnya dari segala bentuk ketimpangan sosial , kebejatan moral, dan membebasan dari penghambaan kepada selain Allah. Kebenaran dan keimanan yg mereka dapatkan bagaikan obor yg menyinari kegelapan dan kesesatan.
Hadirin rohimakumullah
14 abad yg lalu, ketika dunia masih gelap dan umat manusia masih ada pada jalan kesesatan dan kebejatan akibat tiadanya sosok pemimpin yg bisa mengobori dan menjadi petunjuk bagi akal dan hati umat manusia. Lahirlah Muhammad bin Abdullah, seorang anak yatim, tiada berpunya namun dari keluarga dan suku terhormat di kota Makkah. Kota pusat perdagangan, pusat kebudayaan, dan pusat agama jahili. Oleh karena itu untuk membebaskan dan memperbaiki struktur masyarakat yg timpang tersebut, Allah menghadirkan Nabi Muhammad sebagai utusan Allah, pemimpin umat manusia, yg dlm misinya secara umum menurut Al-Qur’an ada 3,yaitu : mulai dari menyuarakan kebenaran, berjuang melawan kebatilan dan kezaliman, sampai pada membangun masyarakat atas dasar persaudaraan.
Hadirin rohimakumullah
Nabi Muhammad sbg sang pembebas umat manusia, dlm dakwahnya tidak hanya pandai berpikir dan merenungi permasalahan2 nyata yg yg dialami umatnya, lalu bersilat lidah untuk mencari argumen tentang kerasulannya dan berhenti hanya mengabadikannya dlm tumpukan kitab2 hadist.. namun lebih dari itu.., dlm Al-Qur’an beliau memiliki model karakter
uswah hasanah atau pemberi contoh yg baik. Sebagaimana dlm Al-Qur’an :





Pernah dicaritakan juga, beliau tidak hanya menyuruh sahabat2 dan umatnya untuk membela kaum yg lemah. Lebih dr itu, beliaulah yg pertama kali yg pertama kali berani memerdekakan beberapa umat untuk kemudian dirangkul masuk Islam. Tidak hanya itu pula kedaulatan Rasulullah, sehingga pd suatu hari, para sahabat menemukan Rasulullah sedang memperbaiki sandal anak yatim, serta pada hari lain, sedang menjahit pakaian kumal milik perempuan tua yg miskin, danlainlain. Apa yg dicontohkan Nabi tsbt merupakan tindakan yg cukup berani membebaskan kaum yg lemah di tengah2 dominasi saudagar2 sombong.
**Perjuangan Rasulullah memang banyak sekali. Beliau pula lah yg telah memberi penerang kpd seluruh umat manusia bahwa APA ARTI SEBUAH NILAI PERJUANGAN HIDUP, kalau tanpa didasari oleh niat karena Allah semata. Beliau sadar ketika harus berjuang membela kebenaran, menentang kedzaliman, dan menyiarkan agama Islamyg tdk menawarkan apa2 kecuali pengorbanan untuk lbh dkt dg Allah swt. Totalitas inilah yg membawa sosok Rasulullah mjd bagian dr cahaya yg menyinari dunia sampai kapanpun. Akhirnya, dr kisah perjuangan& kepeloporan Nabi sebagaimana di atas, hal itu bs kita petik pelajaran, bahwa kehadiran Islam di muka bumi ini bukanlah sbg ajaran individu yg acuh terhadap mslh sosialnya. Dan nampaknya bg mreka yg dkt dg sesamany dn tanggap trhadap permslhan skitarnyalah yg dipastikan di akhirat kelak akan dekat di sisi Allah swt. (amiin)
-nona manis siapa yg punya
-nona manis punyanya bang surkan
Cukup sekian ceramah dari saya
Kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar